Rabu, 18 Oktober 2017

Tugas Kuliah Ilmu Alamiah Dasar 2

PENDAPAT TENTANG FILM THE CORE 






Menurut pendapat saya film The Core salah satu  film misi penyelamatan bumi yang di garap sutradara Jon Amiel. Kisah berawal dari seorang ahli geofisika bernama Dr. Josh Keyes menemukan bahwa suatu kekuatan yang tak diketahui telah menyebabkan inti dalam bumi berhenti berotasi hingga medan elektromagnetik (medan energi yang terdiri dari listrik dan magnet) bumi pun dengan cepat memburuk. Berbagai bencana pun mulai bermunculan di muka bumi. Hal tersebut dapat mengakibatkan fenomena yang langka bermunculan, mulai dari 32 orang meninggal dunia secara bersamaan, lalu burung-burung ditengah kota mati mendadak dan merusak kota, sehingga daerah perkotaan tidak kondusif. Untuk mengatasi hal itu, Dr. Josh bersama satu tim yang terdiri atas beberapa ilmuwan terbaik dunia bergerak turun mendekati inti bumi. Tujuan mereka adalah memasang alat nuklir yang akan membuat bumi bisa berotasi lagi


Tim yang ditugaskan untuk misi ke dalam perut Bumi ini terdiri dari Dr Josh Keyes, Komandan Iverson, Dr Conrad Zimsky (ilmuwan geofisika yang arogan), Dr Ed Brazzelton (ilmuwan pembuat pesawatnya, yang akhirnya dinamakan virgil) , ahli senjata atom asal Perancis, Dr Sergei Leveque, dan satu-satunya perempuan yaitu Mayor Rebecca Childs yang multitalenta. Misi menembus perut Bumi ini juga didukung oleh seorang spesialis komputer yang biasa dipanggil Rat. Satu demi satu anggota misi ini pun kehilangan nyawa. Hanya tersisa dua orang anggota yang masih hidup dari misi tersebut yaitu Dr. Josh Keyes dan Mayor Rebecca Childs. Mereka selamat dari misi tersebut berkat material Unobtanium yang berada di komponen kapal virgil tersebut yang berfungsi menyerap panas dan tekanan yang akan  mengubahnya menjadi energi, sehingga mereka dapat kembali ke permukaan bumi dengan selamat. 


          Beberapa hal yang aneh dari  permasalahan tersebut tentunya bagaimana cara manusia bisa menuju ke inti bumi. Namun ada lagi yang membuat saya bingung. Pertama adalah bagaimana mereka bisa melakukan kontak radio dari kedalaman bumi. Selanjutnya adalah bagaimana orang-orang yang minim keterampilan ini mampu bertahan di suhu ribuan derajat celcius hanya dengan kostum angkasa daur ulang. Saya juga meragukan  pesawat virgil yang di buat oleh Dr Ed Brazzelt yang dapat menembus sampai inti bumi, karena inti bumi panasnya saja sampai 6000 derajat celcius sama dengan panasnya permukaan matahari dilakukan gabungan peneliti dari CEA, organisasi riset teknologi nasional Perancis, National Center for Scientific Research (CNSR) Prancis, dan European Synchrotron Radiation Facility (ESRF).  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar